Terungkap, ‘Identitas’ Hakekatnya si Tikus Mandi yang Viral

Belum lama ini, pengguna media sosial dihasilkan heboh oleh rekaman ‘tikus mandi’.

Dalam video hal yang demikian, si tikus bertingkah aneh, mandi seperti manusia. Dia menggosok-gosok badannya sendiri dengan sabun. Sekujur tubuhnya malahan menonjol berair.

Rupanya, tikus itu berasal dari Huaraz, Peru.

Aksi kocak ‘tikus mandi’ diabadikan oleh seorang DJ bernama Jose Correa, berdasarkan klaimnya. Sekarang, warganet dihasilkan bertanya-tanya: kenapa seekor tikus dapat menjalankan hal seperti itu dan dapat berdiri dengan dua kaki belakangnya?

Sesungguhnya, ada banyak teori tentang video Jasa Anti Rayap Jakarta yang menampilkan polah lucu binatang pengerat itu. Akan tapi, kita mungkin terlalu terpaku pada ‘tikus’, ‘sabun’ dan ‘mandi’.

Semestinya, yang digarisbawahi ialah macam makhluk dalam video itu. Apakah benar-benar seekor tikus? Petunjuknya: hewan hal yang demikian bisa berdiri tegak, meski ini bukan perilaku normal dari seekor tikus.

Pengamat mengatakan, hewan hal yang demikian justru lebih mirip pacarana (Dinomys branickii), seekor hewan pengerat berwarna coklat yang kerap kali ditemukan di Peru.

“Dengan ukuran kepala yang besar, dapat menjalankan posisi bipedal (dua kaki), member tubuh depan yang fleksibel, ekor yang kaku dan pendek, serta warna tubuh yang tidak semacam itu mencolok… binatang itu lebih nampak seperti pacarana,” kata Dallas Krentzel, seorang spesialis biologi evolusioner khusus binatang pengerat dari University of Chicago, diberitakan News.com.au, Rabu (31/1/2018).

Pacarana ialah binatang pengerat langka yang biasanya ditemukan di Amerika Selatan, seperti Peru, Brasil dan Kolombia. Rata-rata berat tubuhnya sekitar 15 kilogram, seperti Wombat Amerika Latin melainkan lebih kecil lagi.

Wombat dan pacarana secara lahiriah menonjol sama anti rayap, tetapi kedua spesies ini beda famili. Sementara binatang pengerat lainnya yang hidup di Amerika Selatan disebut paca.

“Paca dan pacarana ialah sebagian spesies kesukaan aku sebab keanehnya, jadi aku melihat secara terperinci upload-an video itu,” kata Krentzel yang mengacu pada video ‘tikus mandi’.

Krentzel menambahkan, pacarana jago memakai kaki depannya untuk mencari makan dan mengolah makanannya. Padahal ukuran binatang pengerat di video itu tak terang, sebab tak ada pembandingnya.

Binatang hal yang demikian juga tidak mempunyai ekor khas tikus, kata Krentzel. Ia menegaskan, kecuali pacarana, tak ada makhluk lain yang bentuknya serupa dengan ‘tikus mandi’.

Leave a Reply